Tautan-tautan Akses

Presiden Nikaragua Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Kolombia


Presiden Nikaragua Daniel Ortega telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Colombia, setelah dilakukan langkah serupa oleh Venezuela dan Ekuador. Ortega mengeluarkan pengumuman itu hari Kamis, setelah mengadakan pertemuan dengan Presiden Ekuador Rafael Correa.

Correa sedang mengadakan pemeriksaan di kawasan itu untuk menggalang penentangan terhadap serangan militer Colombia pekan lalu terhadap pembrontak FARC di dalam wilayah Ekuador.

Di Brussel hari ini, Mentri LN Amerika Condoleezza Rice mengatakan Amerika Serikat ingin melihat pemecahan diplomatik terhadap sengketa itu, dan memperingatkan terhadap sikap membiarkan FARC terus beroperasi. AS menganggap FARC sebagai kelompok teroris.

Wakil Presiden Colombia Francisco Santos, juga di Brussels, mengatakan negaranya tidak ingin berperang melawan Ekuador dan Venezuela.

Presiden Venezuela Hugo Chavez mengirim ribuan tentara ke perbatasan Venezuela-Colombia sebagai tanggapan terhadap serangan hari Sabtu, tetapi mengatakan ia tidak mencari-cari terjadinya konflik bersenjata. Ia juga mengancam akan menasionalisasi usaha bisnis Colombia di Venezuela.

XS
SM
MD
LG