Tautan-tautan Akses

Kolombia Menuduh Hugo Chavez Mendukung Genosida


Presiden Kolombia Alvaro Uribe mengatakan pemerintahnya akan meminta Mahkamah Kriminal Internasional untuk mendakwa Presiden Venezuela Hugo Chavez mensponsor dan membiayai genosida.

Ketika berbicara dengan para wartawan di Bogota hari Selasa, Uribe menuduh presiden Venezuela itu membiayai dan mendukung kelompok pemberontak yang utama di Kolombia, FARC. Ia mengatakan Kolombia akan mengajukan pengaduan ke pengadilan internasional itu.

Kolombia, Amerika dan Uni Eropa telah mencap FARC sebagai organisasi teroris.

Ketika berbicara di Gedung Putih hari ini, Presiden Bush mengatakan Amerika sepenuhnya mendukung demokrasi Kolombia. Ia mengatakan Amerika menentang setiap tindakan agresi di kawasan itu, merujuk pada apa yang disebutnya “manuver provokatif” oleh pemerintah Venezuela. Bush mengatakan ia menyatakan dukungannya kepada Uribe secara langsung ketika mereka berbicara melalui telpon.

Venezuela dan Equador memutuskan hubungan diplomatik dengan Kolombia setelah pasukannya menyerang pemberontak FARC di wilayah Ecuador hari Sabtu. Chavez dan Presiden Ecuador Rafael Correa juga memerintahkan tentara ke perbatasan negara-negara mereka dengan Kolombia.

Pejabat-pejabat Kolombia mengatakan dokumen yang ditemukan dalam serangan hari Sabtu menunjukkan Chavez membayar 300 juta dolar untuk mendukung pemberontak FARC di Kolombia, Pejabat-pejabat Venezuela menolak pernyataan itu.

Organisasi negara-negara Amerika meminta diadakannya pertemuan darurat hari ini dalam upaya menyelesaikan sengketa itu secara damai.

XS
SM
MD
LG