Tautan-tautan Akses

Pejabat Gereja Katolik dan Tokoh Islam Sepakati Forum Diskusi di Roma


Pejabat gereja Katolik dan tokoh-tokoh islam sepakat akan membuka forum diskusi tahun ini untuk mengusahakan peredaan ketegangan antara kedua agama itu.

Kata sebuah pernyataan bersama yang dikeluarkan hari ini, pertemuan pertama ‘forum Katolik-muslim itu akan diadakan tanggal 4 sampai tanggal enam November di roma dan akan dihadiri oleh 24 pemimpin agama islam dan 24 pemimpin agama Katolik.

Thema pertemuan adalah ‘mencintai tuhan dan ‘mencintai sesama manusia.’ Forum itu dipicu oleh ucapan Paus Benedictus tahun 2,006, yang mengutip seorang kaisar kristen dari abad ke-14, yang mengatakan, sebagian ajaran Nabi Muhammad ‘jahat dan tidak berperi-kemanusiaan.’

Paus Benedictus kemudian menjelaskan bahwa ia tidak sepakat dengan ucapan kaisar kristen itu, dan menyatakan sedih karena timbulnya reaksi keras dari banyak negara islam.

Akhir tahun lalu, paus benedictus menerima surat terbuka dari 138 orang pakar-pakar islam yang mendesak pemimpin Katolik itu untuk mengadakan dialog antara pemimpin kristen dan islam.

XS
SM
MD
LG