Tautan-tautan Akses

Demonstran Serbia Mendobrak dan Membakar Kedubes AS di Beograd


Sekelompok demonstran Serbia yang memrotes proklamasi kemerdekaan Kosovo mendobarak masuk ke kedutaan besar Amerika di Beograd. Laporan-laporan mengatakan demonstran dapat masuk ke gedung itu dan membakar salah satu kantor. Polisi menggunakan gas airmata untuk mengeluarkan demonstran dari gedung.

Di Washington, jurubicara Departemen LN Amerika, Sean McCormack mendesak para penguasa Serbia agar menyediakan peralatan yang dibutuhkan untuk mengatasi keadaan itu.

Kaum demonstran juga memasuki kedutaan Croatia di ibukota Serbia. Peristiwa itu semua terjadi sementara sekitar 150.000 demonstran memadati jalan-jalan Beograd memrotes secara damai proklamasi kemerdekaan Kosovo, yang didukung Amerika.

Presiden Serbia Boris Tadic dan PM Vojislav Kostunica menyerukan protes damai di Beograd setelah Kosovo memproklamirkan kemerdekaan hari Ahad.

Di tempat lain, beberapa ratus veteran tentara Serbia membakar ban-ban dan melempari polisi dan pasukan perdamaian PBB dengan baru di tempat penyeberangan perbatasan Kosovo-Serbia. Di Bosnia-Herzegovina, demonstran Serbia melempari polisi dengan batu di Banja Luka. Polisi melawan mereka.

XS
SM
MD
LG