Tautan-tautan Akses

Massa Memenuhi Jalan-Jalan di Kosovo Menyongsong Deklarasi Kemerdekaan


Massa memenuhi jalan-jalan di Ibukota Kosovo menyongsong deklarasi kemerdekaan yang telah diantisipasi mayoritas etnis Albania yang bisa terjadi hari Minggu ini. Sambil melambai-lambaikan bendera Albania, Inggris, Jerman dan Amerika mereka tumpah di jalan-jalan Pristina Sabtu sore.

Perdana Menteri Kosovi Hashim Thaci mengatakan kepada para wartawan, hari Minggu akan merupakan hari damai, tetapi ia tidak mengemukakan lebih jauh kapan kapan kemerdekaan itu akan diumumkan. Uni Eropa telah menyetujui sebuah misi kepolisian dan kehakiman untuk membantu menjaga perdamaian dan mencegah pelanggaran hak asasi manusia di Kosovo.

Pasukan yang terdiri sekitar 1800 personil dengan spesialiasi kepolisian, penuntutan hukum dan administrasi pemerintahan memperoleh persetujuan terakhir dari Uni Eropa hari Sabtu .

Di Beograd, Menteri Serbia urusan Kosovo, Slobodan Samardzic, menyebut keputusan untuk mengirim pasukan itu, memalukan. Dia mengatakan, langkah itu pada hakekatnya merupakan pengakuan atas kemerdekaan Kosovo. Di seluruh Serbia, golongan nasionalis melakukan protes terhadap rencana deklarasi kemerdekaan oleh provinsi tersebut.

XS
SM
MD
LG