Tautan-tautan Akses

Obama Menang dengan Perbandingan 2 Lawan 1 di Nebraska, Lousiana dan Washington


Senator Demokrat Barack Obama menyapu kemenangan atas Senator Hillary Clinton dalam tiga kontes nominasi kepresidenan partai mereka hari Sabtu. Obama menang dengan perbandingan sekitar dua lawan satu di negarabagian Nebraska, Lousiana dan Washington.

Obama dan Clinton bersaing ketat bagi nominasi Partai Demokrat, dengan kontes lanjutan hari ini di Maine dan hari Selasa di Virginia, Maryland dan ibukota Amerika Serikat Washington DC. Dalam pidato Sabtu malam di ibukota Virginia, Richmond, Obama mengatakan dia telah menunjukkan dia bisa menang di berbagai bagian Amerika. Katanya:

"Hari ini, para pemilih dari pantai barat ke pantai Teluk Meksiko hingga ke jantung Amerika telah berdiri dan berujar, 'Yes, we can,' Ya, kita bisa.’ Kita mennag di Louisiana, menang di Nebraska, menang di negara bagian Washington, kita menang di utara, menang di selatan dan menang di antaranya." Demikian ujar Obama.

Dalam kontes Partai Republik hari Sabtu, mantan Gubernur Arkansas Mike Huckabee memenangkan negarabagian Kansas dan Lousiana, mengungguli Senator John McCain, serta menang tipis di negara bagian Washington. Secara nasional, dari kontes sebelumnya McCain telah memenangkan lebih banyak negarabagian dan telah mengumpulkan delegasi yang cukup diperlukan untuk meraih nominasi. Partai Republik akan mengadakan pemilihan pendahuluan lagi di Virginia, Maryland dan Washington, D.C. Selasa mendatang.

XS
SM
MD
LG