Tautan-tautan Akses

Pemerintah AS Membela Teknik Interogasi dengan 'Water Boarding'


Pemerintah Amerika telah membela cara interrogasi tersangka yang banyak dikecam orang, yang disebut water boarding, apabila diperkirakan akan segera terjadi serangan atas kepentingan Amerika. Ini dikatakan oleh jurubicara Gedung Putih Tony Fratto hari Rabu.

Katanya, presiden bush bisa memberi izin penggunaan cara pemeriksaan yang membuat tersangka yakin ia akan mati terbenam dalam air apabila tidak memberikan jawaban yang diminta. Kata Tony fratto, presiden bush telah mengizinkan direktur dinas intellijen Amerika CIA Michael Hayden untuk menjelaskan kepada anggota kongres Amerika tentang penggunaan teknik water boarding itu atas para tersangka pelaku terror.

Kemarin, Hayden mengatakan, teknik interrogasi yang disebut sebagai penyiksaan oleh kelompok hak asasi itu, digunakan pada tiga orang tersangka al-qaida yang ditangkap setelah serangan 11 September di Amerika.

Tapi hayden mengatakan, cara pemeriksaan itu sudah tidak dipakai lagi oleh CIA sejak hampir lima tahun terakhir. Kata kelompok hak asasi human rights watch, pernyataan Hayden itu adalah pengakuan eksplisit tentang adanya tindakan kriminal yang dilakukan Amerika.

XS
SM
MD
LG