Tautan-tautan Akses

Pemboman Bunuh Diri di Rawalpindi Tewaskan 6 Tentara Pakistan


Penyerang bunuh diri yang mengendarai speda-motor menewaskan sedikitnya 6 anggota militer dan melukai lebih dari 25 di kota Rawalpindi, Pakistan.

Menurut keterangan yang berwajib, si penyerang menabrakkan speda-motornya ke sebuah bus mini militer dekat Markas Logistik Militer hari Senin. Rawalpindi adalah tempat markas besar militer Pakistan dan terletak sedikit di luar ibukota Islamabad.

Di kota itulah mantan perdana menteri Benazir Bhutto dibunuh Desember lalu.

Di lain bagian hari Senin – paling tidak seorang bersenjata yang berspeda-motor menembaki rapat umum Partai Bhutto di kota Karachi menyebabkan seorang luka-luka.

Pakistan akan mengadakan pemilihan umum tanggal 18 bulan ini, dan kekhawatiran semakin besar bakal terjadi kekerasan sebab jumlah serangan militan naik dramatis selama setahun terakhir. Kampanye hampir tidak ada sejak pembunuhan atas Benazir Bhutto dalam satu rapat kampanye.

Namun partainya Partai Rakyat Pakistan mengatakan akan melancarkan kampanye yang gencar apabila masa berkabung 40 hari atas kematian Bhutto berakhir pekan ini.

Belum ada yang mengaku bertanggungjawab atas pembunuhan itu, tetapi pemerintah Pakistan menuduh pemimpin militan yang terkait dengan al-Qaida, Baitullah Medshud yang berpengkalan di wilayah kesukuan di perbatasan dengan Afghanistan.

XS
SM
MD
LG