Tautan-tautan Akses

Bush Serukan Kongres AS Perbaharui UU Pengawasan Umum


Presiden Bush menyerukan kepada Kongres agar memperluas dan memperbaharui UU pengawasan umum yang kontroversial yang akan kadaluwarsa 1 Februari nanti.

UU itu, bernama UU Melindungi Amerika, memberikan otorisasi kepada badan-badan intelijen Amerika untuk memantau tilpon-tilpon internasional antara orang-orang di Amerika Serikat dan orang-orang yang dicurigai teroris.

Para penentang UU itu mengatakan diperlukan langkah untuk memastikan badan-badan intelijen itu tidak melanggar hak rakyat Amerika. Gedung Putih mengecam usul dari anggota-anggota Kongres dari partai Demokrat untuk memberikan kekuasaan lebih besar kepada pengadilan intelijen khusus yang memeriksa permintaan pemerintah untuk melakukan pengawasan.

Langkah itu, disetujui di DPR tahun lalu, akan mengharuskan badan-badan intelijen memperoleh perintah pengadilan untuk memantau komunikasi antara orang-orang yang dicurigai teroris di luar negri dan orang-orang di Amerika.

Pihak Republik mengatakan, mengharuskan pemerintah memperoleh persetujuan pengadilan terlebih dahulu seperti itu akan menghalangi kemampuan mengejar teroris.

XS
SM
MD
LG