Tautan-tautan Akses

Iran dan Uni Eropa Beri Tanggapan Berbeda atas Hasil Perundingan Nuklir


Ketua perunding nuklir Iran, Saeed Jalili mengatakan ia hari Jum’at melakukan perundingan yang bagus dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Javier Solana. Sebaliknya Solana mengatakan ia kecewa dengan perundingan itu.

Keduanya memberi tanggapan ini selesai pembicaraan di London tentang program nuklir Iran, dan keduanya menambahkan bahwa mereka akan melakukan pembicaraan lagi bulan depan. Pembicaraan London dipandang sebagai upaya terakhir dalam membujuk Iran mematuhi tuntutan internasional untuk membekukan kegiatannya memperkaya uranium atau menghadapi sanksi baru dari PBB.

Sebelum perundingan itu, Iran mengatakan Jalili akan mengemukakan inisiatif baru dalam perundingan dalam upaya mengatasi pertikaian mengenai program nuklir negaranya.

Javier Solana dalam waktu dekat harus melapor kepada Dewan Keamanan PBB tentang kesediaan Iran mematuhi tuntutan internasional menghentikan program nuklirnya yang sensitif. Laporannya dapat menentukan apakah Dewan Keamanan PBB mengenakan sanksi ketiga dan baru terhadap Iran atau tidak.

XS
SM
MD
LG