Tautan-tautan Akses

Mantan Panglima Pasukan AS Kecam Kebijakan Bush Tangani Perang Irak


Seorang mantan panglima pasukan Amerika dan koalisi di Irak mengecam tajam cara pemerintahan Bush menangani perang Irak, dengan mengatakan keadaan sekarang sangat mencemaskan dan tanpa kelihatan akhirnya.

Letnan jenderal Ricardo Sanchez mengecam keras kebijakan di Irak, yang disebutnya suatu mimpi buruk yang tidak kunjung habis.

Letnan Jenderal purnawirawan Ricardo Sanchez Jumat mengatakan bahwa strategi yang sekarang ini, termasuk penambahan terbaru sekitar 30 ribu tentara, merupakan usaha putus-asa untuk menangani kenyataan perang itu.

Jenderal purnawirawan itu menyebut rencana awal perang itu “sangat cacat” dan optimisme yang tidak realistis. Ia mengecam apa yang disebutnya kepemimpinan strategi yang tidak trampil di antara para pemimpin nasional Amerika.

Hampir tidak ada tanggapan dari pemerintahan Bush, yang mengatakan Jumat petang bahwa pemerintah menghargai pengabdian Sanchez kepada negara.

Gedung Putih mengakui masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi mengatakan kemajuan sudah mulai tercapai.

Sanchez mengatakan pemerintahan Bush hendaknya memberi wewenang yang lebih besar kepada para panglima militer dan men-sinkronisasi usaha semua badan pemerintah Amerika. Ia juga menyalahkan para pemimpin militer, termasuk dirinya, karena tidak memahami dampak penyerbuan itu terhadap masyarakat Irak.

XS
SM
MD
LG