Tautan-tautan Akses

Jaksa Federal AS Selidiki Tuduhan Penyelundupan Senjata ke Irak


Media Amerika melaporkan, para jaksa federal sedang menyelidiki tuduhan bahwa para karyawan perusahaan keamanan swasta Amerika secara tidak sah menyelundupkan senjata ke Irak.

Menurut laporan itu, yang menyebut para pejabat pemerintah, mengatakan, penyelidikan terhadap para karyawan perusahaan Blackwater USA, baru pada tahap awal.

Penyelidikan itu mula-mula diungkapkan sebelumnya pada pekan ini oleh Inspektur Jenderal Deplu Amerika Howard Krongard, yang menyebutnya sebagai reaksi atas tuduhan oleh anggauta Kongres Amerika, Henry Waximan, dari Partai Demokrat, California, bahwa dia menghalangi penyelidikan atas penipuan dan korupsi di Irak dan Afganistan.

Investigasi itu dilakukan karena keluhan dari Turki yang menyatakan telah menyita senjata buatan Amerika dari Partai Buruh Kurdistan [PKK], yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh Amerika. Tidak jelas apakah senjata yang disita dari PKK itu adalah senjata yang dituduhkan telah diselundupkan ke Irak.

Blackwater USA, yang berpusat di North Carolina, negara-bagian Amerika sebelah selatan, menyediakan pelayanan jasa keamanan bagi para diplomat Amerika yang bekerja di Irak.

Tetapi, kata mantan pejabat Departemen Pertahanan AS Michele Flournoy, praktek mengadalkan keamanan pada kontraktor harus diakhiri, karena resikonya lebih besar daripada manfaatnya.

XS
SM
MD
LG