Tautan-tautan Akses

Pemerintah Irak Cabut Ijin Kerja Perusahaan Sekuriti AS


Kementerian Dalam Negeri Irak telah mencabut izin kerja perusahaan sekuriti Amerika Blackwater USA yang sedang diperiksa karena – menurut pihak Irak - melakukan penembakan di Baghdad menewaskan delapan warga sipil. Jurubicara Kementerian menerangkan hari Senin perusahaan itu dilarang beroperasi di mana saja di Irak. Perusahaan menyediakan pengawalan pada banyak operasi sipil Amerika di Irak.

Pihak berwajib Amerika dan Irak sedang menyelidiki penembakan hari Minggu itu tatkala konvoi diplomatik Amerika yang dikawal anggota Blackwater USA diserang di Baghdad barat. Pejabat-pejabat Irak mengatakan anggota perusahaan itu melepaskan tembakan seenaknya. Perdana Menteri Nouri al-Maliki menuduh penembakan itu suatu kejahatan.

Dalam perkembangan lain, militer Amerika mengatakan pasukan koalisi telah menangkap seorang teroris senior Irak bersama 11 tersangka lain yang terkait dengan Lasykar Al Quds Korp Pengawal Revolusi Iran. Menurut keterangan, ke-11 orang itu dicurigai menyelundupkan dan menggudangkan senjata asal Iran untuk dipergunakan menyerang warga sipil Irak.

XS
SM
MD
LG