Tautan-tautan Akses

Thailand Temukan Dua Perekam Data Penerbangan Pesawat MD-82


Para penyelidik Thailand telah menemukan kedua perekam data penerbangan dari pesawat yang jatuh di pulau wisata Phuket yang menewaskan paling kurang 89 orang dari 130 penumpang dan awak pesawat.

Piranti itu akan dikirim ke Amerika Serikat untuk di-analisis, proses yang diperkirakan memerlukan waktu paling kurang seminggu. Pihak berwenang berharap informasi itu akan membantu menjelaskan sebab-sebab pesawat jatuh di landas pacu pada saat mendarat sewaktu hujan lebat dan angin kencang hari Minggu.

Pesawat itu patah menjadi dua bagian dan segera diselimuti kobaran api. Jet McDonnell Douglas MD-82 buatan Amerika itu dioperasikan oleh One Two Go, sebuah maskapai penerbangan Thailand yang menjual tiket murah.

Para pejabat Thailand mengatakan 34 warga Thailand dan 55 warga asing tewas dalam kecelakaan hari Minggu itu. Kedutaan-kedutaan asing telah mengukuhkan empat warga Amerika, seorang Australia dan seorang warga Prancis termasuk diantara yang tewas.

Warga Jerman dan Iran juga berada di pesawat itu. Para pejabat Thailand mengatakan 41 yang selamat dibawa ke rumah-rumahsakit. Lima diantara mereka dalam keadaan kritis dengan luka bakar.

XS
SM
MD
LG