Tautan-tautan Akses

Gates: Mungkin, Pengurangan 35 Persen Tentara AS di Irak


Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates menyatakan mungkin untuk mengurangi jumlah tentra Amerika di Irak dengan hampir 35 persen sampai menjadi kira-kira 100 ribu tentara selambat-lambatnya akhir tahun depan. Menteri Gates mengatakan kepada para wartawan di Pentagon, Jumat bahwa dia berpendapat kondisi di Irak cukup membaik sehingga memungkinkan dilakukannya pengurangan lebih banyak lagi tentara tahun 2008 daripada yang direncanakan sekarang. Dia berharap, dalam hal ini, bukannya rencana khusus oleh pemerintah Bush.

Amerika saat ini memiliki 169 ribu tentara di Irak. Dalam 6 bulan mendatang, kata Gates, dia berharap bahwa para panglima Amerika akan dapat merekomendasikan penarikan 5 dari ke-20 brigade tempur yang sekarang ditugaskan ke Irak.

Pengurangan jumlah tentara serupa itu akan jauh melampaui pengurangan yang diumumkan Presiden Bush dalam pidato lewat televisi secara nasional Kamis malam baru lalu. Bush mengatakan, hampir 60 ribu tentara akan ditarik dari Irak menjelang akhir tahun ini.

Sementara itu, para pejabat militer Amerika di Irak mengatakan pasukan Amerika dan Irak telah menewaskan seorang pemimpin militan Shiah yang dituduh memimpin sekelompok lasykar dalam serangan terhadap pasukan koalisi di kota Diwaniyah, Irak tengah.

Dalam keterangannya hari ini, pihak berwenang militer mengatakan Najah al-Agra dituduh telah terlibat dalam beberapa kali serangan terhadap pasukan Amerika, termasuk serangan mortir bulan Juli terhadap satu pangkalan di Diwaniyah. Militer mengatakan ia tewas dalam operasi Kamis baru lalu. Seorang lagi ditahan.

Jumat kemarin, al-Qaida di Irak telah mengaku bertanggung-jawab atas serangan bom Kamis yang menewaskan pemimpin suku Sunni, Sheikh Abdul Sattar Abu Risha –sekutu penting Amerika di Irak. Serangan terhadap Abu Risha terjadi dekat rumahnya di Ramadi, provinsi al-Anbar.

XS
SM
MD
LG