Tautan-tautan Akses

Laporan Gedung Putih: Pemimpin Irak Hanya Capai Sedikit Kemajuan


Gedung Putih melaporkan kepada Kongres bahwa para pemimpin Irak hanya mencapai sedikit kemajuan dalam memenuhi sasaran-sasaran penting di bidang keamanan dan politik.

Suatu penilaian terhadap 18 patokan yang ditetapkan pemerintah Bush bagi Irak menunjukkan kemajuan yang memuaskan dalam sembilan hal, atau separuh dari bidang yang ditetapkan. Ini hanya sedikit lebih baik ketimbang kemajuan yang dicapai dalam penilaian terdahulu terhadap Irak, dua bulan silam.

Ketika itu, Presiden Bush menegaskan bahwa hasil penilaian tersebut masih bersifat pendahuluan. Bush mengatakan ia akan menunggu hingga muncul laporan terakhir untuk mengetahui apakah strateginya bagi Irak perlu ditinjau kembali.

Laporan yang diminta Kongres itu dikeluarkan hari Jumat ini, setelah Bush menyampaikan kepada rakyat Amerika pada Kamis malam, bahwa Amerika mencapai keberhasilan di Irak.

Dalam pidato yang ditayangkan ke seluruh penjuru negeri, Bush mengatakan, keberhasilan yang dicapai di Irak akan memungkinkan penarikan sebelum Juli mendatang, terhadap sekitar 30 ribu tentara tambahan yang dikirim ke Irak awal tahun ini. Ia juga mengatakan, kemajuan itu mendukung dilanjutkannya keberadaan pasukan utama Amerika di Irak.

XS
SM
MD
LG