Tautan-tautan Akses

Shinzo Abe Dirawat di Rumah Sakit Akibat Keletihan


Partai Jepang yang sedang memerintah menyatakan akan mengadakan pemilihan tanggal 23 September untuk menentukan pengganti PM Shinzo Abe yang dirawat di rumah sakit sehari setelah mengumumkan pengunduran dirinya. Partai Demokrasi Liberal hari ini menyebut orang yang dipilih sebagai ketua partai akan menjadi perdana mentri berikutnya.

Calon-calon pengganti Abe termasuk Sekjen Partai Demokrasi Liberal Taro Aso dan mantan Mentri Kabinet Yasuo Fukuda.

Sementara, Abe dirawat di rumah sakit Tokyo hari ini karena menderita apa yang disebut dokter keletihan mental dan fisik. Abe kemarin mengatakan, ia mengundurkan diri karena Jepang memerlukan pemimpin baru yang dapat diserahi kepercayaan dalam perang melawan terorisme.

Para pejabat medis mengatakan, Abe akan tinggal di rumah sakit paling tidak selama tiga hari. Abe mengatakan, ia mengundurkan diri karena Jepang memerlukan pemimpin baru yang dapat diserahi kepercayaan dalam perang melawan terorisme.

Para analis mengatakan, tampaknya Abe mengundurkan diri untuk mencegah legislator oposisi melakukan pemungutan suara untuk mencabut dukungan Jepang pada tentara Amerika di Afghanistan.

Pekan lalu ia mengancam akan mengundurkan diri kalau parlemen tidak mengesahkan undang-undang yang memungkinkan Angkatan Laut Jepang mengisi bahan bakar kapal-kapal perang koalisi di Samudera Hindia.

XS
SM
MD
LG