Tautan-tautan Akses

Gempa Kuat Guncang Kawasan Lepas Pantai Sumatera Barat


Sebuah gempa kuat mengguncang kawasan di lepas pantai Barat pulau Sumatera, menewaskan sedikitnya dua orang dan mengguncang bangunan hingga di Thailand. Para pakar semula mengatakan goncangan gempa itu berkekuatan 7,9 skala Richter, namun belakangan menyebutkan kekuatan gempa mencapai 8,2 skala Richter.

Para ilmuwan dari Survei Geologis Amerika mengatakan, pusat gempa itu berada lebih dari 600 km di Barat Laut Jakarta dan pada kedalaman lebih dari 30 km di bawah permukaan laut.

Gempa itu menghantam pantai selatan Sumatera Barat pada pukul 6.10 sore waktu setempat dan merobohkan sedikitnya satu gedung di Bengkulu, yang terletak dekat pusat gempa.

Para pejabat di Bengkulu mengatakan sedikitnya dua orang tewas saat gempa dan puluhan lainnya luka-luka. Besarnya kerusakan akibat gempa sejauh ini masih belum jelas namun, ada banyak laporan yang menyebutkan tentang robohnya sejumlah bangunan dekat pusat gempa dan di beberapa daerah di propinsi Sumatera Barat.

Pusat peringatan Tsunami di kawasan Pasifik mengatakan, gempa itu berpotensi menimbulkan tsunami besar yang dampaknya dapat dirasakan di sepanjang pantai di pulau-pulau kawasan Samudera Hindia.

Sebagian besar negara di kawasan mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa, namun mencabutnya beberapa jam kemudian.

XS
SM
MD
LG