Tautan-tautan Akses

Anggota Kongres AS Tekan Jenderal Petraeus Soal Irak


Para anggota Kongres yang anti perang dan juga beberapa anggota Republik secara tajam mengajukan pertanyaan kepada panglima militer dan dutabesar Amerika di Irak hari Selasa ini.

Senator Republik Chuck Hagel dengan skeptis menanyakan kepada pejabat-pejabat itu untuk menguraikan mengapa pengerahan pasukan tambahan Amerika dan mendanai perang di Irak merupakan suatu hal yang bijaksana. Senator Republik Richard Lugar mengemukakan perlunya dilakukan perencanaan jangka panjang.

Dutabesar Ryan Crocker mengatakan dihadapan sidang dengar Senat bahwa ada sejumlah besar kemacetan fungsional dalam tubuh pemerintah pusat Irak. Tetapi ia menambahkan ada kemajuan di tingkat lokal dan mengutarakan harapan bahwa hal itu bisa menggerakkan rekonsiliasi nasional.

Jendral David Petraeus mengatakan peningkatan militer Amerika berhasil di Irak dan ia memperkirakan akan bisa mengurangi jumlah pasukan Amerika tahun depan. Presiden Bush telah memerintahkan peningkatan jumlah pasukan guna mengurangi kekerasan dan memberi pemerintah Irak waktu untuk mengorganisir diri.

XS
SM
MD
LG