Tautan-tautan Akses

Christopher Hill: Pyongyang Setuju Batalkan Program Nuklir Tahun Ini


Asisten menteri luar negeri Amerika yang mengetuai delegasi Amerika dalam perundingan mengenai program nuklir Korea Utara, Christopher Hill mengatakan Korea Utara telah setuju mengumumkan isi program nuklirnya dan membatalkan program itu akhir tahun ini. Menurut Hill, persetujuan itu dicapai hari Minggu sesudah pembicaraan dua hari di Jenewa antara kedua negara.

Di samping soal nuklir, kedua pihak membicarakan usaha membuka hubungan normal antara keduanya. Hill menambahkan, kedua pihak mencapai apa yang disebutnya pengertian yang substansial tentang apa yang perlu dicapai dalam beberapa bulan ke depan. Dan ia berharap dapat dicapai kemajuan yang lebih banyak dalam putaran berikutnya perundingan enam negara tentang program nuklir Korea Utara bulan ini nanti.

Sebelumnya, hari Sabtu kedua pihak mengutarakan rasa optimisme mengenai kemajuan kesepakatan enam-negara untuk mengakhiri program senjata nuklir Korea Utara. Utusan Korea Utara Kim Kye Kwan mengatakan dia berharap pertemuan itu akan membuahkan hasil. Kedua juru runding sedang berusaha menyepakati cara memulihkan hubungan dan menetapkan apa yang perlu dilakukan untuk mengeluarkan Korea Utara dari daftar sponsor terorisme yang dibuat Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG