Tautan-tautan Akses

Angket Palestina: Sebagian Besar Dukung Pemerintahan PM Fayyad


Angket baru di Palestina menunjukkan sebagian besar responden menyukai pemerintahan Perdana Menteri Salam Fayyad yang didukung Barat daripada bekas pemerintah persatuan yang dipimpin Hamas. Angket dikeluarkan hari Kamis dan dilakukan satu kelompok independen Palestina.

Angket menanya penduduk di Tepi Barat dan daerah Gaza untuk membandingkan kabinet Fayyad dengan kabinet Hamas pimpinan Ismail Haniyeh. Hampir separoh dari 1200 responden memberi pemerintahan Fayyad angka yang lebih baik dari pemerintahan Haniyeh, sedang sekitar seperempat lebih suka pemerintahan Haniyeh. 23% mengatakan tidak ada bedanya antara keduanya.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas membubarkan kabinet persatuan pimpinan Ismail Haniyeh bulan Juni lalu setelah militan Hamas bertempur melawan militan Fatah dari pihak Presiden Abbas. Abbas kemudian menunjuk Salam Fayyad membentuk kabinet baru berkedudukan di Tepi Barat.

Angket sama juga menunjukkan 44% responden di Gaza mengatakan keamanan pribadi mereka membaik sejak Hamas mengambil alih kekuasaan di Gaza, meskipun jumlah sama mengatakan situasi mereka secara keseluruhan semakin buruk.

XS
SM
MD
LG