Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin AS, Mexico, dan Kanada Mengakhiri Pertemuan Puncak


Para pemimpin Amerika Serikat, Mexico, dan Kanada telah mengakhiri pertemuan puncak dua hari mengenai masalah ekonomi dan keamanan, walaupun pembicaraan mereka dibayangi angin topan Dean di pantai Karibia, Meksiko.

Presiden Bush mengatakan Amerika Serikat akan melakukan apa yang dapat dilakukan untuk membantu Meksiko pulih dari bencana angin topan Dean, yang melanda semenanjung Yucatan Meksiko, dalam pertemuan puncak itu. Bush mengatakan demikian dalam jumpa-pers-bersama hari Selasa, setelah pembicaraan di Montebello, Quebec, bersama Perdana Menteri Kanada Stephen Harper dan Presiden Meksiko Felipe Calderon.

Ketiga pemimpin juga membicarakan masalah-masalah yang berkisar dari perdagangan dan keamanan perbatasan hingga perubahan iklim dan proses perdamaian Timur Tengah. Harper menghargai pembicaraan itu, yang disebutnya ramah dan konstruktif. Dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Bush, ia membicarakan nasib pasukan Kanada di Afghanistan. Ia mengatakan kepada wartawan parlemen Kanada akan menentukan apakah misi pasukan Kanada akan diperpanjang meliwati bulan Februari tahun 2009.


XS
SM
MD
LG