Tautan-tautan Akses

Badan Cuaca Nasional AS Peringatkan Ancaman Badai Dean


Badan Cuaca Nasional Amerika memperingatkan Badai Dean sangat berbahaya sementara gelombang angin pertama mulai menerpa Jamaika.

Para turis berbondong-bondong meninggalkan Jamaika, dan penduduk telah mengumpulkan perlengkapan darurat dan memasang papan-papan dijendela toko-toko dan rumah-rumah guna menghadapi badai ini. Pakar mengatakan angin badai ini bisa mencapai kecepatan diatas 250 kilometer per jam.

Cuata buruk kemungkinan akan menunda pemilihan umum di Jamaika, yang tadinya dijadualkan Senin. Badai ini telah menyebabkan tewasnya 4 orang di Karibia, termasuk seorang anak laki remaja di Republik Dominika. Peramal cuaca juga mengeluarkan peringatan badai untuk semenanjung disebelah Barat Daya Haiti, semenanjung Yucatan dan Teluk Meksiko.

Secara terpisah, Badan Antariksa Nasional Amerika NASA mengatakan pesawat ulang-alik antariksa Endeavour akan kembali ke bumi sehari lebih cepat dari jadwal guna menghindari badai topan Dean yang dapat mengancam operasi Pusat Penerbangan Antariksa Berawak di Houston, Texas. Endeavour sekarang diharapkan mendarat hari Selasa di Cape Canaveral, Florida.

Badai Dean kecil kemungkinan menghantam pantai timur Amerika bagian selatan, termasuk Florida, tetapi para pejabat NASA khawatir badai itu akan mengganggu operasi pusat pengendali misi di Houston, Texas yang mengendalikan semua operasi pesawat ulang alik. Prakiraan cuaca menunjukkan adanya kemungkinan jalur badai melewati Houston. Para awak Endeavour menyelesaikan kegiatan di luar pesawat yang keempat dan terakhir, hari Sabtu.

XS
SM
MD
LG