Tautan-tautan Akses

Paulson Menentang RUU AS Tentang Hukuman Karena Mempertahankan Kurs Mata Uang


Menteri Keuangan Amerika Henry Paulson mengatakan ia menentang rancangan undang-undang Amerika yang hendak membolehkan Washington menghukum Cina karena mempertahankan kurs mata uang yang rendah.

Paulson mengatakan kepada kantor berita pemerintah Cina, Xinhua, bahwa melakukan pembicaraan dengan Cina mengenai masalah nilai mata-uang akan lebih produktif. Paulson berada di Cina untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Hu Jintao dan pejabat tinggi lain hari ini, dalam usaha meredakan ketegangan politik.

Ia mendesak Cina agar memperkuat mata uangnya, yang dapat mengurangi surplus perdagangan Cina dengan Amerika Serikat, Para pengeritiknya mengatakan Cina sengaja merendahkan kurs mata uangnya, Yuan, untuk memberi kelebihan daya-saing harga barang ekspor Cina.

Komisi Keuangan Senat Amerika telah menyetujui rancangan undang-undang yang hendak membolehkan Washington mengenakan sanksi terhadap negara-negara lain yang tidak mau menerapkan kebijakan mata uang yang lebih berdasarkan pasar.

Paulson dan para anggota kabinet lain pemerintah Amerika telah mengirim surat kepada para senator Amerika yang menentang rancangan undang-undang tersebut.

XS
SM
MD
LG