Tautan-tautan Akses

Bush: AS Dukung Upaya Pakistan Singkirkan al-Qaida dan Taliban


Para pejabat militer Pakistan mengatakan tentara Pakistan menewaskan 13 anggota militan pro-Taliban di wilayah kesukuan Waziristan Utara yang telah menjadi ajang kekerasan yang meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Dikatakan, kaum militan itu berusaha hendak menyerang beberapa pos militer atau tempat pemeriksaan hari Sabtu, tetapi serangan mereka gagal. Para pejabat mengatakan tidak ada tentara Pakistan yang tewas.

Di Amerika Serikat, Presiden Bush mengatakan Amerika sepenuhnya mendukung pemerintah Pakistan dalam upaya menyingkirkan al-Qaida dan ekstrimis Taliban dari wilayah kesukuan dekat perbatasan Afghanistan. Kata Presiden Bush, "Pasukan Pakistan sedang bertempur dan banyak yang telah berkorban jiwa. AS mendukung mereka dalam upaya ini dan memberikan kerjasama dalam memberikan tempat perlindungan kepada Taleban dan al-Qaida di Pakistan – atau di manapun di dunia."

Dia menambahkan, sebuah laporan baru intelijen Amerika menghubungkan kebangkitan al-Qaida di Pakistan dengan perjanjian yang dibuat Presiden Pakistan Pervez Musharraf dengan para pemimpin suku tahun lalu. Jenderal Musharraf setuju menarik pasukan dari daerah perbatasan setelah para pemimpin suku berjanji tidak akan mengizinkan laskar Taliban atau al-Qaida menggunakan wilayah itu.

XS
SM
MD
LG