Tautan-tautan Akses

Bush dan Olmert Nyatakan Dukungan Bagi Presiden Mahmoud Abbas


Presiden Amerika George W. Bush dan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert menyatakan dukungan bagi Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam perjuangannya dengan kelompok militan Hamas. Bush dan Olmert membuat pernyataan demikian selagi mereka melangsungkan pembicaraan di Gedung Putih hari Selasa tentang dimulainya lagi proses perdamaian Timur Tengah.

Bush menyebut Abbas sebagai “suara yang moderat” dan presiden “seluruh rakyat Palestina.” Olmert mengatakan ia akan melakukan segala upaya untuk bekerja-sama dengan Abbas. Abbas, dari kelompok Fatah memecat pemerintah Palestina yang dipimpin-Hamas pekan lalu dan melantik kabinet baru hari Minggu. Hamas merebut kekuasaan di Jalur Gaza pekan lalu dalam pertempuran sengit dengan Fatah, yang tetap menguasai Tepi Barat.

Sebelumnya, jurubicara Gedung Putih Tony Snow mengatakan pembicaraan itu akan menunjukkan dukungan Amerika yang tetap pada pemerintah Israel dan pihak-pihak yang mendukung penyelesaian dua negara yang sesuai dengan azas Kwartet Internasional mengenai perdamaian Timur Tengah.

XS
SM
MD
LG