Tautan-tautan Akses

Javier Solana Berencana Memulai Bantuan Kepada Pemerintah Baru Palestina


Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa mengatakan blok itu berencana memulai kembali bantuan langsung kepada pemerintah baru Palestina di Tepi Barat. Javier Solana mengumumkan hal itu hari ini, sehari setelah Presiden Palestina Mahmud Abbas melantik kebinet baru.

Abbas, yang kelompok Fatah-nya menguasai Tepi Barat, memecat anggota Hamas Ismail Haniyeh dari jabatan perdana menteri sewaktu pertempuran pekan lalu antara kedua faksi di Gaza. Para pemimpin Hamas menyebut langkah tsb kudeta, sambil mengatakan bahwa Abbas bekerjasama dengan musuh Hamas untuk menghancurkan gerakan tsb. Berbicara dalam sebuah jumpa pers di Jalur Gaza, wakil ketua DPR Palestina Ahmed Bahar mengemukakan, Hamas akan terus memegang kekuasaan di Jalur Gaza.

Bahar mengungkapkan, Hamas juga akan berusaha untuk tetap menjadi bagian dari Otorita Palestina yang memerintah wilayah-wilayah Palestina, dan menyebut tindakan Presiden membentuk sebuah pemerintahan baru itu tidak konstitutional.

Sementara itu Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengatakan negaranya akan bekerja mewujudkan perdamaian dengan pemerintah baru Palestina bila pihak itu menjadi mitra sungguh-sungguh di Tepi Barat. Para pejabat Israel mengatakan Olmert juga berjanji akan mempertimbangkan pencairan ratusan juta dollar hasil pajak Palestina yang dibekukan saat pemerintah pimpinan Hamas mengambil alih kekuasaan tahun lalu.

XS
SM
MD
LG