Tautan-tautan Akses

Christopher Hill: Rusia Siap Bantu Akhiri Kemacetan Perlucutan Nuklir Korut


Perunding Amerika dalam pembicaraan 6 pihak mengenai program nuklir Korea Utara, Christopher Hill, menyatakan, Rusia berusaha untuk membantu mengakhiri persengketaan keuangan yang memacetkan proses perlucutan senjata.

Christopher Hill mengatakan dalam wawancara yang akan disiarkan Ahad besok lewat saluran kabel Amerika –C-SPAN, dia yakin komunitas internasional akan dapat menemukan penyelesaian atas masalah keuangan itu dan tidak mengkhawatirkannya kemudian.

Korea Utara tidak mau menutup reaktor utama nuklirnya Februari lalu sebagaimana yang dijanjikannya . Pyongyang tetap mendesak agar lebih dulu menerima 25 juta dolar uangnya yang dibekukan di bank Macao, sesudah Amerika menyatakan bahwa dana itu dikaitkan dengan adanya tuduhan terjadinya usaha pemutihan uang. Kata Amerika, dana itu telah dicairkan, tetapi komplikasi teknis telah melambatkan transfer dana itu. Kata Hill, yang paling dikhawatirkannya mengenai hal itu adalah apakah Korea Utara dapat dibujuk untuk menghentikan program nuklirnya, yang menurut Hill telah diusahakan puluhan tahun oleh Korea Utara.

XS
SM
MD
LG