Tautan-tautan Akses

Polandia, AS Rundingkan Rencana Penempatan Sistem Pertahanan Misil


Polandia dan Amerika membuka perundingan resmi mengenai rencana Amerika yang kontroversial untuk menempatkan sistem pertahanan peluru kendali di wilayah Polandia.

Penasihat Departemen Luar Negeri Amerika senior, Robert Loftis bertemu Senin di Warsawa dengan pejabat pertahanan Polandia. Jurubicara Kedutaan Amerika Andrew Schilling menggambarkan pertemuan itu sebagai permulaan yang baik.

Putaran berikutnya dari perundingan tingkat tinggi dijadualkan minggu depan dan melibatkan utusan senior Amerika, John Rood.

Polandia telah mengutarakan dukungan bagi penempatan 10 peluru kendali Amerika di Polandia dan teknologi pengendaliannya di Republik Ceko. Rusia dengan keras menentang rencana itu.

Sementara itu hari ini, sekelompok pakar Amerika tiba di Republik Ceko untuk meninjau lokasi militer yang oleh Washington hendak dipakai untuk menempatkan radar pelacak bagi peluru kendali yang ditempatkan di Polandia itu. Peninjauan itu di sebuah pangkalan militer di Barat Daya dari Praha diperkirakan akan berlangsung seluruh minggu ini.

XS
SM
MD
LG