Tautan-tautan Akses

Empat Tewas Dalam Baku Tembak Antar Kelompok Palestina di Gaza


Pejabat-pejabat Palestina mengatakan 4 orang tewas dan 12 luka-luka dalam tembak-menembak di Gaza hari Minggu. Bentrokan terjadi tatkala kawanan bersenjata menewaskan komandan setempat Brigade Syuhada al-Aqsa yang terkait dengan Al Fatah bersama supirnya.

Kelompok ini menuduh Hamas pelakunya, tetapi Hamas menyangkal terlibat dalam pembunuhan itu. Kemudian dalam upacara pemakaman komandan itu 3 orang mendapat luka-luka.

Dalam satu peristiwa lain, kawanan bersenjata membunuh 2 orang dan melukai 9 di kota Gaza. Pekan lalu bentrokan antara Hamas dan al Fatah melukai sedikitnya 6 orang di Gaza.

Awal tahun ini kedua kelompok sepakat berbagi kekuasaan dalam satu pemerintah persatuan nasional dan mengangkat sejumlah tokoh independen menduduki pos-pos penting kementerian dengan harapan untuk mengakhiri siklus ancaman dan kekerasan di Gaza.

Menegangnya keadaan di daerah Gaza terjadi sementara kabinet Israel membahas jawaban militer terhadap serangan roket Palestina yang berkelanjutan. Para pejabat memutuskan tidak akan melancarkan ofensif besar di Gaza.

XS
SM
MD
LG