Tautan-tautan Akses

AS dan Irak Mencoba Mengkonfirmasi Bahwa: Pemimpin Al-Qaeda di Irak Terbunuh


Pejabat-pejabat Irak dan Amerika berupaya mengkonfirmasi laporan bahwa pemimpin al-Qaida di Irak Abu Ayyub al-Masri memang betul tewas dalam bentrokan antara para anggota kelompok pemberontak yang dipimpinnya.

Seorang jururbicara kementerian dalam-negeri Irak, Brigadir Jenderal Abdul Kareem Khalaf, mengatakan laporan-laporan intelijen menunjukkan Masri tewas dalam bentrokan di Baghdad utara. Tetapi salah satu kelompok militan terkait al-Qaida di Irak mengatakan Masri tidak tewas.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan mereka kini bekerja sama dengan kounterpart mereka di Irak untuk memastikan apakah Masri memang terbunuh. Dutabesar Amerika untuk Irak Ryan Crocker mengatakan kematian Masri akan merupakan perkembangan positif.

Tetapi ia menambahkan kematian Masri tidak akan berarti berakhirnya aktivitas al-Qaida di Irak. Sementara itu, pejabat-pejabat Amerika mengatakan pasukan koalisi hari Selasa menewaskan lima teroris dan menahan 20 tersangka teroris sewaktu penggerebekan tadi malam yang mentargetkan pemimpin-pemimpin senior dalam lingkungan jaringan al-Qaida di Irk.

Pejabat-pejabat juga mengatakan tentara menemukan ratusan kartu identitas, termasuk dua untuk masuk ke Zona Hijau dan satu untuk kedutaan Amerika, sewaktu penggerebekan di Baghdad dalam empat pekan ini.

XS
SM
MD
LG