Tautan-tautan Akses

PM Somalia Mengklaim Kemajuan Besar Dalam Melawan Pemberontak


PM Somalia Ali Mohamed Gedi mengklaim perolehan penting dalam perjoangan pemerintahanya melawan pemberontak di Mogadishu. PM Gedi mengatakan dalam sebuah jumpa pers hari ini bahwa pemerintahan sementaranya bersama-sama dengan sekutunya, pasukan Ethiopia, merebut banyak wilayah yang semula dikuasai pemberontak. Ia mengatakan pertempuran di kota itu hampir selesai.

Pasukan Ethiopia dan Somalia memulai ofensif besar-besaran terhadap pembrontak sembilan hari yang lalu. Pertempuran terus berlanjut hari ini, dengan tank-tank Ethiopia menyerang posisi-posisi pembrontak di bagian utara kota itu.

Sementara itu, sebuah kelompok analisis Inggris mengatakan gerakan Islamis di Somalia kemungkinan akan bangkit kembali, meskipun sekarang mengalami kekalahan-kekalahan militer. Organisasi yang berpusat di London, Chatam House mengeluarkan sebuah laporan hari ini, mengatakan tokoh-tokoh utama di bekas pengadilan Islam semuanya masih aktif, meskipun mungkin tidak di tempat yang sama lagi.

Chatam House mengemukakan organisasi yang menamakan diri Pengadilan Islam itu bergerak dengan dukungan rakyat di Mogadishu selama lebih dari satu dekade , dan kelompok analis Inggris itu mengatakan organisasi itu telah menegakkan ketertiban di ibukota itu tahun lalu.

XS
SM
MD
LG