Tautan-tautan Akses

Ribuan Warga Irak Unjuk Rasa di Najaf Memrotes Pendudukan Amerika


Ribuan orang Irak berkumpul di Najaf untuk mengadakan demonstrasi hari Senin ini, memprotes kehadiran pasukan amerika di Irak. Hari ini adalah ulang tahun ke-4 jatuhnya kota Baghdad ke tangan pasukan Amerika. Tokoh radikal Irak, Moqtada al-Sadr mendesak supaya pasukan keamanan Irak tidak lagi bekerja sama dengan tentara Amerika.

Pejabat militer Irak telah mengumumkan larangan penggunaan kendaraan bermotor selama 24 jam di kota Baghdad untuk mencegah terjadinya serangan bom mobil. Sementara itu sedikitnya 17 orang tewas dan 26 lainnya cedera kena bom mobil di kota Mahmudiyah, 30 km selatan Baghdad hari minggu, kata polisi Irak. Tentara Amerika mengumumkan enam orang tentaranya tewas kena bom pinggir jalan di Selatan Baghdad dan di propinsi Diyala serta Salahuddin di bagian utara Irak.

Sementara itu, perdana menteri Irak Nuri al-Maliki tiba di Jepang setelah tertunda karena Iran tidak mengizinkan pesawatnya terbang lewat kawasan udara negara itu. Pesawat Maliki mendarat di bandar udara Tokyo tengah malam hari minggu setelah singgah di Dubai.

Kata pejabat Iran, pesawat itu seharusnya minta izin dulu untuk terbang melewati kawasan udara Iran. Pemimpin Irak itu akan menanda-tangani pinjaman 700 juta dollar dari Jepang untuk memperbaiki industri energi Irak.

XS
SM
MD
LG