Tautan-tautan Akses

Pemberontak Menyerang Pesantren di Thailand Selatan, Tiga Santri Tewas Ditembak


Kepolisian Thailand menyatakan para tersangka pemberontak telah menyerang sebuah pesantren di bagian selatan negara itu, menewaskan paling sedikit tiga santri. Menurut polisi, para penyerang itu meledakkan bahan peledak di propinsi Songkhla Sabtu malam, kemudian melepaskan tembakan dalam gedung tersebut.

Tujuh santri cedera dalam serangan itu. Setelah penembakan, ratusan penduduk desa mengepund pesantren tersebut, memblokir akses polisi ke lokasi kejadian di distrik Sabayoi tadi. Polisi setempat mengutarakan penduduk desa menyalahkan pasukan pemerintah atas terjadinya serangan tersebut, tetapi mereka juga mengemukakan, kelompok militan Muslim mungkin membunuh para santri tersebut untuk memperoleh dukungan dari masyarakat Muslim setempat atas usaha mereka menentang pemerintah.

Beberapa jam setelah penembakan tadi, tiga penganut agama Buddha ditembak mati di distrik yang sama. Serangan-serangan yang menargetkan penduduk sipil telah menjadi peristiwa rutin di propinsi-propinsi selatan Thailand selama 3 tahun terakhir ini, yang telah menewaskan paling sedikit dua ribu orang.

XS
SM
MD
LG