Tautan-tautan Akses

Korut Tak Akan Hentikan Program Nuklir Sampai AS Cairkan Dananya di Bank Macau


Kim Kye Kwan, perunding utama Korea Utara mengenai nuklir menyatakan, negaranya tidak akan menghentikan program nuklirnya sampai A.S. mencairkan seluruh dana yang sekarang dibekukan di sebuah bank Macau.

Kim Kye Kwan mengatakan demikian hari ini di Beijing, di mana dia akan menghadiri pembicaraan 6 negara Senin nanti mengenai persetujuan Pyongyang baru-baru ini untuk menutup fasilitas utama nuklirnya sebelum 13 April. Washington memberlakukan pembatasan terhadap Banco Delta Asia di Macao tahun 2005, dengan menuduhnya telah memutihkan uang dari kegiatan tidak syah Korea Utara.

Macau waktu itu membekukan sekitar 24 juta dolar dana yang berkaitan dengan Korea Utara. Sebagai bagian dari persetujuan perlucutan senjata yang dicapai bulan lalu dalam pembicaraan 6 pihak, Washington sepakat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Korea Utara juga akan menerima konsesi keuangan dan diplomatik. Delegasi Keuangan Amerika pergi ke Macau hari ini untuk membahas langkah apa yang dapat dilakukan guna mencabut larangan itu.

XS
SM
MD
LG