Tautan-tautan Akses

Liga Arab Serukan PBB dan Kuartet Timur Tengah Hentikan Pembangunan Israel di Yerusalem


Liga Arab telah berseru kepada PBB dan Kuartet Diplomatik Timur Tengah agar menghentikan pembangunan yang dilakukan Israel di tempat suci yang disengketakan di Yerusalem.

Liga Arab mengatakan hari Sabtu renovasi yang dilakukan Israel di dekat Mesjid Al-Aqsa mengancam upaya-upaya menghidupkan kembali proses perdamaian Timur Tengah.

Tempat suci yang disengketakan itu dikenal oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount. Warga Muslim khawatir pembangunan itu dapat membahayakan fondasi masjid.

Polisi Israel bentrok dengan demonstran Palestina hari Sabtu di tempat itu setelah warga Palestina membakar tempat-tempat sampah dan melempari sebuah bis wisata dengan batu di luar tembok kota tua itu. Bentrokan antara polisi dan demonstran juga dilaporkan terjadi di Bethlehem dan Hebron.

Seorang arkeolog, Gideon Avni, mengatakan perbaikan pada jalan menuju Temple Mount itu tidak akan merusak segi manapun dari Masjid Al Aqsa. Tempat yang disengketakan itu adalah tempat paling suci dalam agama Yahudi dan tempat suci ketiga dalam agama Islam.

XS
SM
MD
LG