Tautan-tautan Akses

Pemimpin Otoriter Turkmenistan Niyazov Meninggal Dunia Akibat Gagal Jantung


Presiden Turkmenistan Saparmurat Niyazov hari Kamis mendadak mengalami gagal jantung dan meninggal dunia. Ia menjalani operasi jantung di Jerman sembilan tahun lalu. Menurut kabar jenazahnya akan dimakamkan hari Minggu.

Niyazov telah 21 tahun berkuasa di negara yang kaya gas alam itu, dan tidak pernah menyiapkan penggantinya sehingga timbul kekhawatiran akan terjadi perjuangan kekuasaan di negara Asia Tengah itu. Media pemerintah mengabarkan Deputi Perdana Menteri Kurbanguli Berdymukhamadov telah diangkat sebagai penjabat presiden.

Para pejabat tinggi negara akan bersidang hari Selasa membahas perubahan dalam pemerintahan dan menetapkan tanggal pemilihan umum baru. Berdasarkan Konstitusi, Ketua Parlemen Overzgeldy Atayev yang memegang jabatan presiden. Namun para pejabat mengatakan ia tidak dapat memegang jabatan itu karena sedang menjalani pemeriksaan kriminal.

Para pemuka oposisi Turkmenistan di Moskow mengatakan mereka berencana pulang untuk bersaing dalam pemilihan umum tahun depan. Dan Kedutaan Amerika di ibukota Ashgabat dalam pernyataannya mengemukakan harapan terjadi pergantian pimpinan yang damai dan konstitusional di negara itu.

XS
SM
MD
LG