Tautan-tautan Akses

Tony Blair Tiba di Bagdad Untuk Bertemu PM Irak, Nouri al-Maliki 


Laporan dari Irak menyebutkan, Perdana Menteri Inggris Tony Blair telah tiba di Bagdad untuk melakukan pembicaraan hari ini dengan Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki. Irak merupakan persinggahan Blair yang ketiga dalam lawatannya ke Timur Tengah, dimana sebelumnya dia singgah di Turki dan Mesir.

Sementara itu konferensi rekonsiliasi bersejarah yang melibatkan faksi-faksi agama dan etnis yang saling bersaing di Irak menginjak hari kedua. Para anggota delegasi konferensi di Baghdad itu sedang mencari jalan untuk mengakhiri kekerasan sektarian yang menewaskan hampir 100 orang Irak setiap hari. Seorang anggota parlemen dari faksi Syiah Haidar Ibadi mengatakan, Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki pada konferensi hari ini akan mengumumkan rencana untuk memberikan amnesti kepada sebagian tahanan.

Maliki telah mengatakan dia menginginkan amnesti kepada para penjahat yang tidak melakukan pembunuhan terhadap anggota pasukan koalisi maupun warga sipil Irak. Hari Sabtu Maliki mengulurkan tangan kepada Arab Sunni dengan mengundang para bekas tentara dari zaman Saddam Hussein untuk bergabung dengan militer Irak yang baru.

XS
SM
MD
LG