Tautan-tautan Akses

Jumlah Korban Jiwa Sipil di Irak Mencapai Angka Tertinggi


Jumlah korban sipil yang tewas di Irak mencapai angka tertinggi, kebanyakan karena bentrokan antar golongan. Kata laporan PBB, lebih dari 3700 orang sipil tewas bulan lalu saja, termasuk lebih dari 400 orang perempuan dan anak-anak. Hari ini tujuh orang polisi Irak tewas kena bom yang dipasang dipinggir jalan di selatan Baghdad, dan kemarin satu orang tentara Amerika tewas kena serangan bom.

Komandan pasukan marinir Amerika, jenderal james Conway mengatakan, pasukan marinir itu kemungkinan harus ditambah jumlahnya karena banyaknya tugas-tugas yang harus dilakukan di Irak dan Afghanistan.

Sementara, pimpinan militer NATO di Afghanistan dilaporkan marah karena permintaan tambahan pasukan, pesawat terbang dan helikopter untuk melawan Taliban, tidak diacuhkan. Komandan pasukan koalisi, Jenderal James Joice mengatakan, kendati telah diminta berulang-ulang, pasukan keamanan internasional yang dipimpinnya hanya bisa beroperasi dengan kekuatan 85 persen. Jenderal-jenderal NATO juga telah minta tambahan bantuan dari negara anggota NATO dalam pertemuan bulan September di Polandia.

XS
SM
MD
LG