Tautan-tautan Akses

Bush: Dampak Buruk Bakal Terjadi Terhadap Korea Utara Karena Percobaan Nuklirnya


Presiden Bush mengatakan dampak buruk bakal terjadi terhadap Korea Utara karena tampaknya negara itu telah melakukan percobaan nuklir, tetapi menekankan Washington tidak bermaksud menyerang negara yang menyendiri itu. Bush mengatakan hari Rabu, ia akan terus menempuh diplomasi untuk menyelesaikan masalah nuklir itu dan mengatakan ia menghendaki Dewan Keamanan mengeluarkan resolusi yang mengharuskan Korea Utara memenuhi janjinya untuk menghentikan program nuklirnya.

Sementara itu, di Dewan Keamanan, Amerika Serikat memutuskan untuk mengusahakan pemungutan suara mengenai resolusi terhadap Korea Utara sebelum akhir pekan ini, walaupun ada keprihatinan dari Cina. Rancangan resolusi yang diedarkan kepada para anggota Dewan Rabu petang dan diperoleh VOA menghendaki embargo senjata yang ketat dan sanksi keuangan terhadap Korea Utara.

Korea Utara mengancam hari Rabu untuk melaksanakan lagi percobaan nuklir dan mengatakan Korea Utara menganggap tekanan yang terus dilakukan Amerika sebagai pernyataan perang.

XS
SM
MD
LG