Tautan-tautan Akses

Dewan Keamanan PBB Mendesak Korut Kembali ke Pembicaraan 6 Negara


Negara-negara tetangga Korea Utara menyambut baik pernyataan Dewan Keamanan PBB yang memperingatkan Pyongyang agar jangan melakukan percobaan nuklir.

Departemen Luar Negeri Korea Selatan menyatakan dukungan pada pernyataan yang dikeluarkan hari Jumat itu, dan mendesak Korea Utara agar kembali ke pembicaraan 6 negara mengenai program nuklirnya.

Jepang juga menyambut baik tindakan PBB itu, dan mendesak Dewan Keamanan PBB agar dengan segera membuat resolusi yang memberi garis besar ganjaran kalau Korea Utara tetap melakukan percobaan nuklirnya.

Dewan Keamanan mengatakan kemarin bahwa percobaan nuklir akan mendatangkan kutukan dari seluruh dunia, dan memperingatkan bahwa bakal ada akibatnya yang tidak disebutkan kalau Korea Utara jadi melakukan uji-coba nuklir.

Dewan Keamanan menolak isi pernyataan yang tadinya hendak mengancam embargo senjata dan sanksi lain terhadap Korea Utara. Pyongyang telah mengatakan percobaan senjata diperlukan sebagai lengkah pertahanan terhadap apa yang disebutnya agresi Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG