Tautan-tautan Akses

Mantan Presiden Iran Mohammad Khatami Mengutuk Serangan 11 September


Dalam ceramahnya di pinggir kota Washington, Mantan Presiden Iran Mohammad Khatami mengutuk serangan 11 September terhadap Amerika Serikat,. Khatami mengatakan hari Jumat dua kejahatan dilakukan tanggal 11 September 5 tahun lalu – yakni --pembunuhan orang-orang yang tidak bersalah dan melakukan serangan itu atas nama Islam. Ia mendesak kaum Muslim agar berusaha melawan apa yang disebut Islamaphobia.

Ceramah Khatami ini adalah yang terbaru dalam perlawatannya di Amerika Serikat yang juga akan membawanya ke Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Universitas Harvard. Hari Kamis, ia memberi ceramah di Kathedral Nasional di Washington dan menghimbau masyarakat dari berbagai agama agar bekerjasama untuk perdamaian.

Dalam wawancara dengan majalah Time, Khatami menyebut pembantaian Yahudi di Eropa tahun 1940-an sebagai “fakta yang mutlak,” tetapi mengatakan itu hendaknya jangan digunakan sebagai alasan untuk menindas hak penduduk Palestina. Presiden Iran yang sekarang Mahmoud Ahmadinejad telah meragukan terjadinya pembantaian itu.

XS
SM
MD
LG