Tautan-tautan Akses

Koizumi Berziarah ke Kuil Perang Memperingati Ulang Uahun ke-61 Perang Dunia Kedua


Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi berziarah ke kuil perang yang kontroversial untuk memperingati ulang tahun ke-61 berakhirnya Perang Dunia Kedua. Ziarah Koizumi ke kuil Yasukuni itu hari ini berlangsung hanya beberapa menit. Setelah itu, pemimpin Jepang itu mengatakan dia mengunjungi kuil itu untuk menunjukkan rasa penyesalan yang mendalam bagi para korban perang, dan untuk memperbarui tekadnya bahwa Jepang tidak akan pernah lagi berperang. Ziarah itu segera diprotes oleh Cina dan Korea Selatan, yang menganggap kuil itu sebagai lambang kekejaman militer Jepang pada masa lalu.

Kementerian Luar Negeri Cina, dalam sebuah pernyataan, mengatakan kunjungan Koizumi itu menantang keadilan internasional dan menginjak-injak hati nurani manusia. Di Beijing, sejumlah pengunjuk rasa berkumpul di luar Kedutaan Jepang.

Di Seoul, Presiden Korea Selatan Roh Moo-hyun mengatakan Jepang harus membuktikan bahwa negara itu tidak berniat untuk mengulangi masa lalu dengan mendukung permintaan maafnya dengan tindakan.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan memanggil duta besar Jepang untuk Seoul guna memprotes ziarah Koizumi itu.

XS
SM
MD
LG