Tautan-tautan Akses

Tsunami yang Melanda Pantai Selatan Jawa Barat Menewaskan 325 Orang


Para pejabat Indonesia mengatakan tsunami hari Senin yang melanda pantai selatan Jawa Barat menewaskan lebih dari 325 orang. Banyak orang lain dinyatakan hilang ratusan luka-luka dan sekitar tiga ribu orang diperkirakan kehilangan tempat tinggal .

Jalan yang rusak berat dan kabel listrik yang tumbang menghambat operasi pencarian dan pertolongan. Sebagian daerah itu tanpa aliran listrik. Pakar seismologi mengatakan gempa bumi dasar laut yang kuat menimbulkan ombak setinggi dua meter yang melanda daerah wisata pantai Pangandaran, Jawa Barat, yang popular di kalangan wisatawan asing dan warga Indonesia.

Jurubicara Palang Merah Indonesia, Hadi Kuswoyo, mengatakan kepada VOA operasi pertolongan skala penuh sedang dilangsungkan di kawasan bencana.

Laporan dari para koordiantor kondisi darurat mengatakan sedikitnya 23 ribu orang telah dievakuasi dari Pantai Pangandaran yang dilanda bencana itu.

Para saksi mengatakan tsunami itu menghancurkan rumah-rumah penginapan, toko-toko, dan bangunan kecil lain di pantai dan mendorong penduduk melarikan diri ke tempat aman di dataran tinggi.

Gempa bumi berkekuatan 7 koma 7 itu berpusat di samudera Hindia 360 kilometer sebelah selatan Jakarta. Beberapa gempa susulan dirasakan di daerah sekitarnya.

XS
SM
MD
LG