Tautan-tautan Akses

Larijani: Iran Serius Dalam Upaya Meredakan Ketegangan Program Nuklirnya


Perunding utama Iran dalam isu nuklir, Ali Larijani mengatakan negaranya tetap serius dalam upaya untuk meredakan ketegangan internasional mengenai program nuklir negaranya. Keterangan ini diucapkannya sementara menemui Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Javier Solana di Brussels Kamis petang.

Namun, ia tidak mengemukakan jawaban resmi negaranya terhadap paket perangsang yang ditawarkan enam negara besar jika negaranya mau menghentikan proses memperkaya uranium. Iran semakin mendapat desakan dari masyarakat internasionasl untuk secepatnya menjawab tawaran itu.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam konperensi internet hari Kamis bahwa ia mengharapkan jawaban yang cepat dari Iran, namun untuk saat ini ia tidak mendukung Iran dikenakan sanksi.

Sementara itu – kepala Badan Tenaga Atom Internasionasl, Mohammed el-Baradei mengatakan di Ankara, Turki, ia berharap Iran menyadari bahwa masyarakat internasional semakin tidak sabar. Ia menambahkan, semakin cepat Iran memberi jawaban semakin baik.

XS
SM
MD
LG