Tautan-tautan Akses

Menlu dan Menhan Timor Timur Mundur, Jabatan PM Mari Alkatiri Masih Diperdebatkan


MenLu dan MenHan Timor Timur sudah meletakkan jabatan, sementara partai berkuasa negeri itu memperdebatkan apakah akan tetap mempertahankan PM Mari Alkatiri yang bermasalah.

Jurubicara Presiden Xanana Gusmao mengukuhkan hari ini bahwa Jose Ramos-Horta telah meletakkan jabatan. Dia memberitahu Associated Press bahwa MenLu dan MenHan meletakkan jabatan karena dia merasa negara tidak berfungsi dengan baik.

Partai berkuasa Fretilin hari ini memperdebatkan seruan-seruan yang kian gencar agar perdana menteri mengundurkan diri. Alkatiri dipersalahkan atas bergolaknya kerusuhan yang telah berlangsung selama 2 bulan dan dituduh memerintahkan dibentuknya “tukang pukul” untuk membungkam para lawan politiknya.

Presiden Timor Timur sendiri mengancam akan meletakkan jabatan, seraya mengutarakan bahwa dia "malu dengan apa yang diperlakukan pemerintah terhadap rakyat." Akan tetapi dia, menarik ancamannya pekan lalu, seraya menyatakan bahwa dia menghargai kehendak rakyat yang memintanya agar tetap memegang jabatan.

XS
SM
MD
LG