Tautan-tautan Akses

Organisasi Muslim Florida: Ketujuh Tersangka Teroris di Miami Tidak Terkait Islam


Anggota keluarga sebagian dari tujuh orang yang dituduh merencanakan serangan teroris di Amerika mengatakan mereka adalah orang-orang damai yang giat dalam perbaikan komunitas dan studi agama. Mereka ditangkap hari Kamis atas tuduhan berencana menyerang gedung tertinggi di Amerika yaitu Menara Sears di kota Chicago. Kepala Kepolisian Chicago mengatakan, keamanan menara itu tidak pernah terancam. Pejabat-pejabat pemerintah Federal Amerika menggambarkan rencana kawanan itu ‘lebih merupakan angan-angan daripada perbuatan.’ Namun begitu, katanya, rencana itu menunjukkan ancaman yang bisa ditimbulkan oleh kelompok teror dalam negeri.

Tuduhan Federal pada mereka menyebut bahwa pemimpin kelompok berusaha mendapatkan senjata dan uang untuk melancarkan perang terhadap Amerika. Akan tetapi sahabat maupun keluarga mereka mengatakan mereka bersifat damai dan menganut agama yang berupa campuran Judaisme, Kristen dan Islam. Sebuah kelompok Islam di Florida selatan mengatakan hari Sabtu bahwa ke-tujuh tertuduh tidak terkait dengan komunitas Islam di sana.

Sebelumnya diberitakan, enam dari ke-7 pria yang dituduh bersekongkol untuk meledakkan gedung Sears Tower di Chicago dan gedung-gedung lain di Amerika tampil di pengadilan Jumat kemarin. Dakwaan Federal mengatakan, para tersangka itu membentuk jaringan teroris di kota Miami dan merencanakan serangan dengan seorang informan FBI yang menyamar sebagai anggota al-Qaida. 5 dari tersangka itu – termasuk terdakwa pemimpin jaringan itu, Narsele Batiste, umur 32 tahun, ada kaitan dengan Chicago, sekolah Katolik, tampil di depan hakim di Miami.

Tersangka lainnya tampil di pengadilan kota Atlanta sesudah ditahan di sana. Tersangka ke-tujuh, sudah berada dalam tahanan ketika yang lainnya ditahan Kamis baru lalu, dan tidak tampil di pengadilan Jumat kemarin. 5 dari mereka itu warganegara Amerika, satu penduduk tetap Amerika asal Haiti, dan satu imigran gelap Haiti. Deputi Direktur FBI John Pistole mengatakan, persekongkolan itu – lebih merupakan aspirasi daripada operasi, namun merupakan ancaman kelompok teror dari dalam negeri terhadap Amerika.

XS
SM
MD
LG