Tautan-tautan Akses

Ledakan Bom Mobil di Baghdad Menewaskan 2 Orang


Pihak kepolisian Irak mengatakan ledakan bom mobil di Baghdad menewaskan paling sedikit dua orang dan mencederai enam orang lain. Ledakan itu terjadi pagi ini ketika sedang dilakukan operasi keamanan besar-besaran di seluruh ibukota itu.

Pihak berwenang di Baghdad mengatakan puluhan ribu tentara Irak dan Amerika, dengan dukungan tank dan satuan bersenjata lainnya, terlibat dalam upaya besar-besaran untuk menghentikan kekerasan antar golongan yang terus berlanjut dan serangan-serangan pemberontak.

Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki mengatakan pos-pos pemeriksaan akan ditambah, larangan keluar rumah diperpanjang dan larangan terhadap lalu-lintas kendaraan selama jam-jam sembahyang Jumat – saat yang sering digunakan pemberontak untuk melancarkan serangan.

Pihak berwajib Irak prihatin akan kemungkinan peningkatan kegiatan teroris al-Qaida di Irak, setelah terbunuhnya pemimpin mereka Abu Musab al-Zarqawi pekan lalu. Pengganti Zarqawi, Abu Hamza al-Muhajer, telah bertekad untuk melancarkan serangan pembalasan, dan ia mengancam bahwa tidak ada yang dapat berlindung di dalam Zona Hijau yang mempunyai pertahanan kuat di Baghdad itu.

XS
SM
MD
LG