Tautan-tautan Akses

Kongres AS Setujui 20 Miliar Dolar Bantuan Asing, Israel Dapat Jatah Terbesar


Kongres Amerika telah menyetujui bantuan asing sebesar lebih dari 20 miliar dolar tahun depan. Jumlah itu hampir dua setengah miliar lebih kecil daripada yang diminta Presiden Bush. Putusan ini masih harus disetujui oleh senat sebelum dikirimkan kepada Presiden.

Dalam undang-undang itu, Israel mendapat jatah bantuan sebesar 2,3 miliar dolar, termasuk kenaikan 83 juta dolar untuk dana keamanan dan kontra terorisme, dan 120 juta dolar untuk bantuan ekonomi. Mesir, negara terbesar kedua yang mendapat bantuan Amerika, akan menerima 1,7 miliar dolar, di mana 100 juta dolar akan digunakan untuk reformasi politik dan program pendidikan.

Bantuan untuk Irak dan Afghanistan melampaui apa yang dianggarkan sebelumnya, namun kurang dari apa yang diminta Presiden Bush. Irak menerima 522 juta dolar untuk upaya stabilisasi dan Afghanistan sebesar 962 juta dolar. Sejumlah dana untuk Afghanistan masih dipending karena para anggota Kongres yakin negara itu belum banyak melakukan pemberantasan penanaman ganja.

XS
SM
MD
LG