Tautan-tautan Akses

IMF Setuju Pendekatan Baru Dalam Mekanisme Pengambilan Keputusan


Dana Moneter Internasional (IMF) telah setuju mendorong peran negara-negara pasar yang baru muncul dalam proses pembuatan keputusan-keputusannya. Ke-184 negara anggota organisasi itu mengakhiri pertemuan hari Sabtu dengan mengatakan mereka akan menyusun proposal konkrit mengenai reformasi pemungutan suara sebelum pertemuan IMF mendatang bulan September.

Organisasi itu juga setuju untuk merombak mekanisme pengawasan ekonominya. Dikatakan sistem itu memberinya wewenang mengajak negara-negara untuk bersama-sama menyelesaikan perbedaan pendapat mengenai kebijakan ekonomi. Perubahan ini telah secara aktif didukung oleh Amerika Serikat yang telah lama mengritik Cina dalam hal kebijakan pertukaran valutanya.

Tidak seperti pertemuan-pertemuan IMF dan Bank Dunia terdahulu, kali ini tidak ada demonstran di luar tempat pertemuan di Washington. Hari Jumat, Bank Dunia mengumumkan telah menyetujui pembatalan hutang secara penuh bagi sebagian negara paling miskin di dunia, termasuk Bolivia, Ethiopia, Nicaragua, dan Rwanda.

XS
SM
MD
LG